Sukses

Cegah Macet, Tol Brebes Timur Hanya Dibuka untuk Arus Balik

Arus balik kendaraan pemudik yang melintasi Tol Brebes Timur dari arah Tegal, menuju Tol Cipali, Cirebon ke Jakarta sudah mulai ramai.

Liputan6.com, Brebes - Arus balik kendaraan pemudik yang melintasi Tol Brebes Timur dari arah Tegal, menuju Tol Cipali, Cirebon, Jawa Barat ke Jakarta sudah mulai ramai. Kendaraan didominasi pelat B.

Untuk mengantisipasi jalur dari kemacetan, Tol Brebes Timur hanya dibuka untuk arus balik.

"Untuk Tol Brebes Timur, hanya untuk masuk saja. Jadi dari arah tol Palimanan ditutup dan diarahkan ke Tol Brebes Barat," ucap Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Herukoco di Pos Pengamanan 06 exit Tol Brebes Timur (Brexit), Jateng, Sabtu (9/7/2016).

Menurut dia, hal ini dilakukan, agar tidak terjadi pertemuan arus dari dua jalur.

"Hal ini dilakukan untuk mengurangi konflik atau crossing dari yang mengarah ke Jakarta dan yang mengarah ke Jawa Tengah," jelas Herukoco.

Terkait contra flow, kata dia, masih akan dilakukan jika terjadi peningkatan jumlah kendaraan.

"Jika terjadi peningkatan, kita akan lakukan contra flow untuk mempercepat arus. Dan jika terus terjadi penambahan, maka kita juga akan lakukan contra flow di jalan tol," ungkap Herukoco.

Sementara itu, pantuan Liputan6.com di Pos Pengamanan 06 Brexit, para petugas kepolisian menggunakan pengeras suara, memberitahu para pengendara jika jalur tol masih lenggang.

"Saat ini jalur tol masih lenggang dan lancar. Jadi yang mau ke Jakarta, silahkan lewat tol," tutur salah satu petugas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.