Sukses

Sejil 2, Senjata Pamungkas Baru Iran

Iran berhasil menguji coba peluru kendali yang telah diperbaharui bernama Sejil 2. Rudal ini mampu mencapai wilayah Israel dan sebagian wilayah Eropa Timur.

Liputan6.com, Teheran: Iran mengumumkan keberhasilannya, Rabu (16/12) waktu setempat, dalam menguji coba peluru kendali atau rudal jarak jauh yang telah diperbaharui. Rudal bernama Sejil 2 diklaim lebih cepat dan lebih sulit dilumpuhkan musuh.

Rudal Sejil 2 ini adalah rudal darat ke darat berdaya tempuh 1.930 kilometer dan mampu mencapai Israel dan sebagian wilayah Eropa Timur. Tingkat akurasinya pun lebih tinggi dari model sebelumnya. Sejil 2 merupakan rudal dua tahap Iran yang paling maju dibanding Shahab 3.

Menteri Pertahanan Iran Jenderal Ahmad Vahidi mengatakan, Sejil 2 bertugas sebagai penangkal serangan asing. Iran meningkatkan pengembangan rudalnya beberapa tahun belakangan ini sehingga menambah kekhawatiran Israel dan Amerika Serikat. Kedua negara ini prihatin dengan program nuklir Iran.

Selain itu, sejak 1992, Iran telah memproduksi tank, kendaraan lapis baja, rudal, dan pesawat tempur. Hanya saja, kemampuan, akurasi, dan jarak tempuh sebenarnya dari senjata dan rudal buatan Iran tak bisa diketahui secara pasti. Maklum, pembuatannya sangat rahasia.(AIS/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.