Sukses

Arus Balik, Pemudik Mulai Padati Terminal Terpadu Merak

Warga sengaja memilih kembali ke tempat asal lebih awal untuk menghindari macet dan keramaian di akhir libur panjang.

Liputan6.com, Cilegon - Pada H+3 Idul Fitri 2016, pemudik asal Pulau Sumatera menuju ke Pulau Jawa mulai memadati Terminal Terpadu Merak (TTM).

Setidaknya, sejak pagi hingga sore ini, berdasarkan data dari PT ASDP Ferry Indonesia Cabang Merak tercatat 3.687 penumpang telah diantarkan 218 bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) ke berbagai daerah.

Seorang penumpang mengaku sengaja memilih kembali ke tempat asal lebih awal, untuk menghindari kemacetan dan keramaian pada akhir waktu libur panjang. 

"Milih hari ini, kalau hari Minggu takutnya kena macet," kata Rahmat, pemudik asal Lampung yang akan kembali bekerja di Jakarta, saat ditemui di TTM, Kota Cilegon, Banten, Jumat (8/7/2016).

Senada dengan Mulyono, pemudik yang juga memilih menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni-Lampung ke Pelabuhan Merak-Kota Cilegon pada hari ini. Tujuannya agar tak berdesak-desakan dan berebut saat memilih bus untuk kembali ke tempat tujuan.

"Biasanya kan pas puncak itu rebutan. Malah kadang enggak kebagian bus, terus nunggunya lama lagi," ujar Mulyono, pemudik dari Palembang tujuan Brebes.

PT ASDP Ferry Indonesia Cabang Merak sebelumnya memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada Minggu, 10 Juli 2016 atau H+5 Idul Fitri 1437 Hijriah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.