Sukses

Cermati Empat Titik Macet di Tol Cikampek Ini Saat Arus Balik

Polisi akan melakukan rekayasa lalu lintas dengan memberlakukan sistem lawan arus atau contra flow bila kemacetan semakin memuncak.

Liputan6.com, Jakarta - Polda Metro Jaya telah memetakan lokasi-lokasi yang diprediksi berpontensi mengalami kemacetan saat momen arus balik mudik 2016. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Awi Setiyono mengatakan ada empat titik di ruas tol Cikampek yang rawan penumpukan kendaraan.

Empat tempat tersebut adalah tempat istirahat atau Rest Area KM 62, 52, 42, dan Gerbang Tol Cikarang Utama.

"Kantong-kantong kemacetan diprediksi di Rest Area 62, 52 dan 42. Untuk gate tol Cikarang Utama, jika penuh, kendaraan akan dibuang keluar Gerbang Cikarang Timur lalu ke ruas arteri atau Cikarang Barat," ujar Awi di Mapolda Metro Jaya, Jumat (8/7/2016).

Untuk menghindari penumpukan kendaraan di tiga rest area tersebut, pihaknya juga akan melakukan rekayasa lalu lintas dengan memberlakukan sistem lawan arus atau contra flow.

"Di tol, di KM 62 ada rest area. Apabila terjadi kemacetan, kita akan berlakukan contra flow dari KM 65 sampai 55. Lalu untuk Rest Area 52, contra flow akan dilakukan dari KM 55 sampai 50," ujar Awi.

"Terakhir, di Rest Area KM 42 jika terjadi penumpukan akan dibuka (contra flow) dari KM 50 sampai 39," imbuh Awi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.