Sukses

Rest Area Penuh, Pemudik Tumplek di Bahu Jalan Tol Cikampek

Ramainya rest area di sepanjang lajur tol Jakarta-Cikampek membuat sebagian pemudik memilih beristirahat di bahu jalan tol.

Liputan6.com, Jakarta - Hari kedua libur panjang Lebaran, ruas Tol Jakarta-Cikampek masih terpantau padat di kedua arah. Sejumlah pengendara yang hendak mudik ke kampung halamannya sempat terjebak kemacetan, khususnya yang mengarah ke pintu utama Tol Cikarang.

Menariknya, tak sedikit para pengendara memilih berhenti untuk beristirahat di bahu jalan tol, tepatnya di KM 20-21, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. Hal ini dipilih guna menghindari kemacetan panjang yang terjadi menuju gerbang Tol Cikarang Utama.

"Kita sudah mengalami kemacetan sejak masuk Tol. Ini istirahat di pinggir jalan, karena Rest Area yang di KM 19 ramai banget, udah enggak bisa markir lagi. Petugas di sana sempat buka tutup, karena ramai," kata Oji (42), pemudik asal Jakarta Selatan, Kamis (7/7).

Roni (39), pengendara asal Pekalongan, Jawa Tengah, menjelaskan jika dirinya sudah terjebak macet sejak melintas di Tol Cikunir. Tak tanggung, dia mengalami kemacetan hingga 1 jam lamanya, sejak melintas di Tol Jakarta-Cikampek, menuju gerbang Cikarang Utama.

"Tadi sih dari Cawang, enggak begitu macet. Pas masuk Cikunir sudah tersendat. Kita berhenti beristirahat di lingkungan jalan tol, karena anak-anak lapar dan minta istirahat sebentar," ucap Roni, yang hendak pulang ke Pekalongan.

Sampai saat ini, kondisi ruas Tol Jakarta-Cikampek, tepatnya mulai dari Tol Cawang, sampai dengan pintu Tol Utama Cikarang, masih terpentau ramai lancar. Para pengendara memacu kendaraannya rata-rata 20-30 kilometer per jam.

Meski banyak pengendara yang berhenti di bahu jalan tol, tidak ada satu pun petugas yang berada di lokasi untuk meminta para pengendara kembali melanjutkan perjalanannya.

Sejumlah bungkus sisa makanan pun berserakan di sepanjang pinggir jalan tol. Diharapkan para pengguna jalan untuk berhati-hati, lantaran ramainya kondisi jalan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.