Sukses

Mewaspadai Narkoba Diselundupkan ke LP Pakai Layang-Layang

Modus itu pernah dilakukan di LP Kerobokan karena lapas itu dihuni narapidana dan tahanan yang sebagian besar tersangkut kasus narkoba.

Liputan6.com, Denpasar - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali mewaspadai modus penyelundupan narkoba melalui layang-layang ke dalam lembaga pemasyarakatan.

Petugas Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali Nyoman Putra Surya di Denpasar, Kamis (7/7/2016) menuturkan modusnya dengan cara menempelkan atau mengisolasi paket narkoba di layang-layang.

"Kemudian layang-layang pembawa paket narkoba yang sudah diterbangkan itu sengaja diputus talinya, sehingga masuk kawasan LP. Di dalam LP, sudah ada yang mengintai dan menjemput layang-layang itu," kata Nyoman Putra.

Dia menjelaskan modus itu pernah dilakukan di LP Kerobokan karena lapas itu dihuni narapidana dan tahanan yang sebagian besar tersangkut kasus narkoba.

"Laporannya tahun lalu kami terima," ucap Nyoman Putra seperti dikutip dari Antara.

Meski mengaku menerima laporan terkait modus baru itu, namun ia belum memberikan detail terkait laporan tersebut.

Menurut dia, banyak cara dilakukan penyelundup narkoba agar barang haram itu bisa masuk ke dalam lapas, di samping modus baru melalui layang-layang itu.

Dia menyebutkan modus lain di antaranya memasukkan paket narkoba ke dalam botol kosong, kemudian dilempar ke dalam LP, memasukkan narkoba ke dalam nasi bungkus, ke dalam sedotan yang disembunyikan di dalam jajanan, hingga memanfaatkan bayi dengan menyembunyikan narkoba ke dalam popok bayi.

Pemeriksaan petugas atas pengunjung dan barang-barang bawaan, menurut dia, juga masih sangat manual, yaitu mengandalkan pembongkaran, perabaan, dan penglihatan manusia.

"Apakah pegawai akan memeriksa sejauh itu? Apalagi di pintu hanya dua petugas, sedangkan yang datang banyak, apa diperiksa seperti itu? Kapan giliran masuknya?" ujar Nyoman Putra.

Selain jumlah petugas yang sangat minim, dia melanjutkan, pihaknya juga kekurangan alat yang memadai, di antaranya pemindai atau sinar X seperti layaknya pemeriksaan di bandara. Meski demikian mereka kerap menggeledah, termasuk pegawai LP.

LP Kerobokan merupakan penjara yang paling rawan karena lapas itu saat ini melebihi kapasitas yakni dihuni 1.086 warga binaan atau melebihi tiga kali lipat dari kapasitas semestinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini