Sukses

JK Salat Id di Masjid Istiqlal, Pengamanan Ekstra Ketat

Umat muslim yang ingin melakukan salat Id harus diperiksa 2 kali saat memasuki masjid Istiqlal.

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan umat muslim di Jakarta memadati masjid Istiqlal untuk melaksanakan salat Id. Namun, kali ini pengamanan di masjid besar itu sangat ketat, bahkan jemaah yang akan menjalankan salat Idul Fitri harus mengantre selama 30 menit untuk diperiksa.

Umat harus diperiksa 2 kali saat memasuki Masjid Istiqlal. Pertama, pemeriksaan berada di gerbang paling depan dengan menggunakan metal detector.

Kemudian pemeriksaan kedua, seluruh barang bawaan jemaah harus digeledah. Seluruh rangkaian pemeriksaan itu dilakukan oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Hal ini dilakukan karena Wakil Presiden Jusuf Kalla dan beberapa duta besar negara sahabat melakukan salat Id di Masjid Istiqlal.

Pengamanan di Masjid Istiqlal. (Liputan6.com/Faisal Fanani)

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, di seluruh sudut masjid Istiqlal dijaga ketat oleh ratusan polisi dan TNI. JK terlihat mengenakan kemeja putih, jas hitam, dan sarung kotak-kotak.

Mereka tersebar jadi beberapa kelompok berisi 15 orang untuk mengamankan pelaksanaan salat Id. Ratusan personel polisi dan TNI itu bersenjata laras panjang dan rompi anti peluru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini