Sukses

Bom Meledak di Solo, Jokowi Tetap Bagikan Sembako di Padang

Sebelum meninggalkan Kampung Ulak Utara, Jokowi menyempatkan diri melayani permintaan foto bersama beberapa warga.

Liputan6.com, Jakarta - Serangan bom bunuh diri di Mapolresta Solo, kampung halaman Presiden Joko Widodo atau Jokowi, tak membuat agenda kunjungan kerja presiden di Padang, Sumatera Barat berubah.

Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo tetap turun menyapa warga di empat lokasi sekaligus, untuk bersilaturahmi dan membagikan paket bantuan bahan pokok kepada masyarakat Padang.

"Empat lokasi yakni perkampungan nelayan di Kampung Purus, Kampung Ulak Karang Utara, Kampung Tengah, dan permukiman di sekitar halaman SD Negeri 10 Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman," kata Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam keterangan tertulisnya, Selasa (5/7/2016).

Jokowi beserta Iriana tiba di perkampungan nelayan sekitar pukul 10.05 WIB. Panas terik tak menghalangi warga setempat menyambut kedatangan Presiden. Presiden pun menyalami satu per satu warga yang berebut ingin berjabat tangan.
 
Tampak mendampingi Jokowi dalam kunjungan tersebut Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki Hadimuljono, Ketua DPD Irman Gusman, dan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

Jokowi membagikan langsung paket sembako di pelataran musala Al Muttaqim. Sementara, sebagian besar anak-anak berbaris rapi untuk mendapatkan buku tulis yang juga dibagikan Presiden. Jokowi menyiapkan 1.000 paket bahan pokok untuk warga di perkampungan nelayan tersebut.

Jokowi kemudian beranjak menuju Kampung Ulak Utara yang berjarak sekira empat kilometer dari Kampung Purus. Kerumuman warga di daerah pesisir tersebut sudah nampak ketika Presiden tiba di lokasi.

"Di sana, Presiden juga membagikan paket bahan pokok kepada warga setempat yang telah berkumpul di sekitar halaman musala Kalawi. Sekitar 1.000 paket bantuan juga disiapkan untuk warga kurang mampu di kampung ini," kata Bey.

Sebelum meninggalkan kampung tersebut, Jokowi menyempatkan diri melayani permintaan foto bersama beberapa warga. Melanjutkan kunjungannya, Jokowi langsung menuju Kampung Tengah, Korong Talao Mundam, Nagari Kataping, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman.

"Antusiasme yang ditunjukkan oleh warga di kampung ini pun tak kalah dengan warga di lokasi sebelumnya. Paspampres dibuat cukup kewalahan dengan antusiasme warga, yang ingin melihat lebih dekat dengan sosok Jokowi," ujar Bey.

Di sana, Presiden membagikan paket bantuan bahan pokok dan buku tulis kepada anak-anak setempat. Sekitar pukul 11.55 WIB, Jokowi dan rombongan tiba di halaman SD Negeri 10, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, yang letaknya tidak berjauhan dengan Kampung Tengah.

"Di lokasi tersebut, sudah menunggu dengan teratur warga setempat yang sebagian besar terdiri dari para manula. Jokowi yang saat itu hampir tidak berjarak dengan warga setempat, membuatnya leluasa menyapa warga," papar dia.

Sama seperti lokasi lainnya, 1.000 paket bahan pokok juga disiapkan untuk warga di kampung ini. Sebelum meninggalkan lokasi untuk kembali ke penginapan, Jokowi menyempatkan diri memeriksa keadaan ruang kelas di SDN 10 tersebut.

"Malam hari ini, Jokowi diagendakan mengikuti takbir akbar dengan masyarakat sekitar," pungkas Machmudin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.