Sukses

Menteri Agama: 1 Syawal 1437 H Jatuh pada 6 Juli

Dari pantauan tidak ada satu pun petugas Kementerian Agama yang melihat hilal pada sore ini.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menegaskan jika 1 Syawal jatuh pada Rabu 6 Juli 2016. Artinya, umat Islam baru dapat merayakan Idul Fitri besok lusa.

"Besok Selasa kita masih puasa, dan 1 Syawal jatuh pada Rabu 6 Juli 2016," ujar Lukman di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Senin (4/7/2016).

Sebab, kata Lukman, dari pantauan, tidak ada satu pun petugas Kementerian Agama yang melihat hilal pada sore ini.

"Maka berdasarkan ketentuan bulan Ramadan disempurnakan jadi 30 hari," ucap Lukman.

Hal ini, kata dia, sudah disepakati bersama dengan ormas Islam dan Kementerian Agama serta perwakilan negara-negara sahabat.

Penetapan 1 Syawal 1437 Hijriah ditentukan setelah melalui sidang Isbat yang diikuti juga oleh para ormas Islam. Sidang sudah dimulai sejak pukul 18.30 WIB.

Sebelum sidang dilakukan, Kementerian Agama melalui Tim Hisab Rukyat memaparkan perhitungan hisab dan posisi hilal dari berbagai sumber. Dari paparan itu, terlihat hilal tidak tampak sore ini karena matahari terbenam sebelum ijtimak atau bulan baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini