Sukses

VIDEO: Antrean Masuk Pelabuhan Penyeberangan Muntok Capai 10 Km

Pihak ASDP menyatakan kondisi ini karena lonjakan penumpang tak sebanding dengan minimnya kapasitas muatan delapan armada kapal ferry.

Liputan6.com, Bangka Barat - Memasuki H-2 Lebaran, antrean panjang kendaraan menuju Pelabuhan Penyeberangan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Bangka Belitung, mencapai sekitar 10 kilometer.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (4/7/2016), ratusan kendaraan itu berjajar rapi menguasai satu lajur di sepanjang jalan menuju pintu pelabuhan. Para pemudik ini telah antre antara 5-10 jam untuk dapat menyeberang ke Pulau Sumatera dan Jawa.

Selain itu, di area parkir pelabuhan ada ratusan kendaraan pemudik bermotor yang juga bersiap memasuki lambung kapal.

Pihak ASDP mengungkap lonjakan penumpang tak sebanding dengan minimnya kapasitas muatan delapan armada kapal ferry. Untuk mengurai antrean itu, pihak ASDP Bangka tidak berpatokan pada jadwal yang ada. Namun langsung memberangkatkan kapal saat muatan sudah penuh.

Sementara di Situbondo, Jawa Timur, niat mudik ke kampung halaman mengalahkan rasa khawatir para penumpang kapal tradisional di Pelabuhan Jangkar. Tak lupa barang bawaan menyertai perjalanan termasuk beberapa unit sepeda motor.

Karena tak kebagian tiket kapal ferry, mereka nekat naik kapal kayu. Tujuan mereka adalah Pulau Sapudi dan Pulau Raas yang masih masuk wilayah Kabupaten Sumenep, Madura.

Dengan tarif Rp 50 ribu per penumpang, mereka cukup puas meski tidak ada fasilitas memadai dalam kapal. Bagi mereka yang penting dapat tiba di kampung halaman untuk berlebaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.