Sukses

Kali Bekasi Meluap, Rencana Mudik Warga Jadi Tertunda

Oman yang tengah bersiap-siap pulang kampung terpaksa membatalkan rencana mudiknya ke Ciamis, Jawa Barat, akibat rumahnya tergenang.

Liputan6.com, Bekasi - Sejumlah warga yang tinggal di bantaran Kali Bekasi, Kota Bekasi, Jawa Barat, menunda keberangkatan untuk mudik akibat air sungai yang meluap pada Minggu malam.

"Tiba-tiba air dari saluran air mulai masuk ke jalan di kompleks saya jam 23.15 WIB. Saya diinformasikan air Kali Bekasi meluap," kata warga Blok C Perumahan Pondok Mitra Lestari, Oman Rachman (55) di Bekasi seperti dikutip Antara, Senin (4/7/2016) dini hari.

Oman yang saat itu tengah bersiap-siap pulang kampung terpaksa membatalkan rencana mudiknya ke Ciamis, Jawa Barat, akibat situasi itu.

"Saya sudah masukin koper ke mobil dan istri sama putri saya sudah siap berangkat malam ini, tapi terpaksa dipending dulu sampai situasi normal. Takut air masuk ke rumah karena prabotan belum dinaikin ke tempat aman," jelas Oman.

Menurut dia, air di sejumlah jalan lingkungan kawasan setempat mencapai ketinggian sekitar 5-10 centimeter.

Meluap Sampai ke Bogor

Situasi yang sama terjadi di Perumahan Villa Nusa Indah, Desa Bojong Kulur, Kecamatan Gunung Puteri, Kabupaten Bogor yang dilintasi Kali Cileungsi sebagai hulu dari Kali Bekasi.

"Status siaga 2. Kami tetap waspada dan terus berkoordinasi dengan petugas Bendung Kali Bekasi agar aliran bisa terus dibuka mengingat Kali Cikeas debitnya cukup tinggi," kata warga Villa Nusa Indah bernama Dodi (36).

Menurut dia, peran Bendung Kali Bekasi sangat menentukan situasi debit di bagian hulu agar tidak meluap dan membanjiri permukiman penduduk di sepanjang bantaran.

"Hari ini mayoritas warga Vila Nusa Indah sudah pulang kampung. Banyak rumah yang kosong," kata Dodi.

Data yang dihimpun melalui Komunitas Peduli Cileungsi Cikeas (KP2C) menyebutkan, tinggi muka air Sungai Cileungsi pada pukul 19.34 WIB mencapai puncaknya, yakni sekitar 360 kubik per detik.

Sementara tinggi muka air Sungai Cikeas pada pukul 22.00 WIB mencapai puncaknya yakni sekitar 228 kubik per detik.

Kedua aliran sungai itu bergabung di Kali Bekasi, tepatnya di Perumahan Pondok Gede Permai Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi.

"Pada pukul 22.00 WIB tinggi muka air Kali Bekasi sudah mencapai 560 kubik per detik atau di atas situasi normal yakni 300 kubik per detik," kata anggota KP2C Puarman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.