Sukses

Setnov Diarak Naik Becak di Jombang

Mantan Ketua DPR ini pun memberi semangat kepada semua agar mampu bekerja keras sesuai dengan jalan Allah.

Liputan6.com, Jombang - Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto melanjutkan Safari Ramadan di berbagai daerah Indonesia. Kali ini Setnov menyambangi Kota Jombang, Jawa Timur. Setnov menghadiri acara buka puasa bersama yang diadakan Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko dengan ribuan tukang becak, pengemis, tukang sapu, tukang parkir, dan PMKS.

Saat menuju Alun-alun Jombang, Setnov, istri, dan anaknya menaiki becak. Juga dengan Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko dan Sekjen Partai Golkar Idrus Marham dan istri yang juga menggunakan becak menuju lokasi.

Dalam sambutannya, pria yang karib disapa Setnov ini berbicara dalam bahasa Jawa meski kadang dicampur dengan bahasa Indonesia. Ia pun memuji betapa hebatnya para tukang becak ini.

"Iki luar biasa tukang becak. Sing sakit dianter ke rumah sakit, sing sekolah dianter ke sekolah. Makanya Partai Golkar iku sayang karo wong cilik," ujar Setnov dengan dialek Jawa saat memberi sambutan sambutan di Alun-alun Jombang, Minggu (3/7/2016).

Ia kemudian menceritakan soal orang-orang yang berhasil meskipun anak tukang becak.

"Aku ketemu Raini, anak tukang becak tapi bisa lulus Fakulas Ekonomi di universitas di Semarang dan dia dapat predikat terbaik. Lalu juga Pak Soedarmono, asal Klaten, anaknya lolos jadi mahasiswa Fakultas Pertanian Undip," ujar Setnov.

Karena itu, ia mengingatkan kepada anak para tukang becak, pemulung, dan juru parkir agar tetap semangat berjuang seperti dirinya yang berjuang dari bawah: mulai dari berjualan beras hingga menjadi pengusaha kemudian Ketua Fraksi di DPR hingga menjadi Ketua Umum Partai Golkar.

"Berkat usaha, saya akhirnya bisa jadi pengusaha dan ketua partai seperti sekarang ini. Pemulung ini, kita harus lihat, mereka tidak kalah pentingnya membuat lingkungan bersih, indah, dan nyaman," tutur Setnov.

Mantan Ketua DPR ini pun memberi semangat kepada semua agar mampu bekerja keras sesuai dengan jalan Allah.

"Saya mendoakan kepada seluruhnya supaya kita tidak kecil hati, jadilah pekerja, dan kita ibadah kepada Allah," Setnov menutup.

Di sela-sela sambutannya, ia dan pengurus Partai Golkar lain memberikan kuis kepada 5 orang warga yang hadir dengan hadiah Rp 1 juta per orang. Warga pun semua antusias menjawab setiap pertanyaan kuis.

Setya Novanto didampingi Sekjen Partai Golkar Idrus Marham; Korbid Kesra DPP Golkar Roem Kono. Serta Politisi Golkar lain seperti Kabid Media dan Penggalangan Opini DPP PG Nurul Arifin; Kabid SDA dan Lingkungan Hidup Satya Widya Yudha; anggota Komisi XI DPR Misbakhun; anggota Komisi III DPR Adies Kadier; dan anggota Komisi VII DPR Suryo Alam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.