Sukses

Puluhan Tahun, Warga Gunakan Listrik Tenaga Air

Di saat banyak daerah terkena pemadaman bergilir, warga Desa Sumberwuluh, Jawa Timur tidak pernah kesulitan listrik. Warga menggunakan pembangkit listrik tenaga mikro hidro untuk memenuhi kebutuhan.

Liputan6.com, Lumajang: Kebijakan Perusahaan Listrik Negara (PLN) dengan melakukan pemadaman listrik bergilir bukan menjadi masalah bagi warga Desa Sumberwuluh, Lumajang, Jawa Timur. Dengan memanfaatkan aliran Sungai Besuk Semut, warga memperoleh listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro sejak 1992 hingga kini, Senin (14/12). Warga pun tak pernah kesulitan listrik.

Lantas, bagaimana cara kerja pembangkit listrik tersebut? Air sungai terlebih dahulu disaring agar bersih dari sampah, sedangkan lumpur diendapkan. Selanjutnya, air yang sudah bersih dialirkan ke ruang mesin untuk menggerakkan turbin. Perputaran turbin inilah yang menggerakan generator untuk menghasilkan listrik sebesar 15 kilowat per jam yang bisa mencukupi kebutuhan listrik bagi puluhan rumah warga.

Selain air, sebenarnya banyak sumber energi listrik alternatif seperti tenaga angin dan matahari yang bisa dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan listrik. Selain lebih murah, energi alternatif ini juga ramah lingkungan. ASW/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.