Sukses

Puncak Arus Mudik Arteri Pantura-Cirebon Diprediksi Sabtu Besok

Rahayu berujar masih banyak yang melajukan kendaraan dengan kecepatan tinggi jika tidak melihat keberadaan polisi.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi Lalu Lintas (Polantas) Polres Kota Cirebon memprediksi 75 persen pemudik yang memilih jalur arteri Pantai Utara (Pantura) akan melewati Kota Cirebon pada Sabtu besok dan Minggu lusa. Kepala Satuan (Kasat) Lantas Polres Cirebon Ajun Komisaris Rahayu Mustikaningsih mengatakan, hingga H-5 Lebaran, sekitar 25 persen pemudik sudah melintas.

"Sudah 25 persen (pemudik yang melewati Cirebon). Prediksi besok itu sekitar 75 persen, sama Minggu," ujar Rahayu kepada Liputan6.com di Jalan Brigjen Darsono, Kota Cirebon, Jumat (1/7/2016) petang.

Ditanyai mengenai perilaku pemudik, Rahayu berujar masih banyak yang melajukan kendaraan dengan kecepatan tinggi jika tidak melihat keberadan polisi. Untuk menyikapi perilaku pemudik semacam itu, polisi membekali anggotanya yang bertugas di lapangan dengan tongkat kayu berbendera merah untuk menarik perhatian pemudik.

"Kami bekali anggota dengan tongkat berbendera merah supaya dari kejauhan pengendara bisa melihat adanya polisi. Jadi mereka bisa mengurangi kecepatan," terang Rahayu.

Polwan ini mengimbau kepada pemudik untuk mematuhi rambu lalu lintas, melengkapi kendaraan dengan surat-surat dan memastikan kondisi kendaraan mereka laik jalan sebelum pulang mudik. Sejauh ini, kesiapan pemudik terutama pemotor yang melintasi Cirebon dinilai Rahayu bagus karena mereka memakai helm.

Dari pantauan Tim Mudik Liputan6.com, pemudik yang menggunakan motor mendominasi jalan arteri Brigjen Darsono, Kota Cirebon, Jawa Barat pada siang hingga sore hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.