Sukses

Puluhan Ribu Pemudik Padati Pelabuhan Merak Malam Ini

Sejak H-12 Lebaran, pemudik yang menggunakan mobil pribadi mengalami peningkatan mencapai 7 persen,

Liputan6.com, Cilegon - Pelabuhan Merak di Kota Cilegon, Banten, diprediksi akan mulai dipadati pemudik malam ini. Peningkatan arus mudik juga diprediksi mengalami peningkatan bila dibanding tahun sebelumnya.  

"Malam ini kita prediksi penumpang mencapai 23 ribu, motor 20 ribuan, mobil 12 ribuan," kata Mario S Oetomo, Humas PT ASDP Ferry Indonesia Cabang Merak, saat ditemui di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Jum'at (01/07/2016).

Mario mengatakan, berdasarkan data PT ASDP Ferry Indonesia Cabang Merak, sejak H-12 Lebaran, pemudik mobil pribadi mengalami peningkatan mencapai 7 persen, sedangkan penumpang pribadi naik sebanyak 13 persen dibanding tahun 2015.

"Motor masih menurun, kita khawatir mereka datang langsung banyakan. Kita perlu antisipasi, ketika motor sudah keluar (pelabuhan) segala macem, dermaga 4 dan 5 kita gunakan khusus motor," terang Mario.

Selain itu, bongkar muat penumpang dan kendaraan di dermaga 1 sampai 5 akan dipercepat waktunya. "Tapi itu kondisional, bongkar muat dipercepat, dari 60 menit jadi 45 menit," tegas Mario.

Berdasarkan pantauan di lapangan, Pelabuhan Merak mulai dipadati oleh penumpang pejalan kaki dan kendaraan roda empat. Sedangkan pemudik roda dua belum terlihat ada penumpukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.