Sukses

JK: Indonesia Kekurangan Pemikir Islam Berkualitas

Pemerintah bertekad membangun Universitas Islam bertaraf Internasional.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai Indonesia kini kekurangan pemikir Islam yang memiliki kualitas mumpuni. Padahal, populasi umat Islam terbesar dunia ada di Indonesia.

"Kita kekurangan pemikir-pemikir Islam yang kualitas tinggi," ujar JK di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (28/6/2016). 

Hal itu dapat dilihat bila berkunjung ke toko buku. Banyak buku terjemahan atau tafsir yang sumbernya orang yang sama. Karena itu, pemerintah bertekad membangun Universitas Islam bertaraf Internasional. Sehingga dapat bersaing dengan negara-negara di Asia paling tidak.

"Supaya kita tidak kalah dari India," imbuh JK.

Menurut JK, saat ini banyak cendekiawan muslim yang mendunia berasal dari India. Sebut saja Zakir Naek. Belum lagi ada Imran Husain yang menjelaskan bagaimana sebenarnya ISIS itu ada dengan sangat baik bahkan di media internasional. Dan mereka semua berasal dari India

JK berharap dengan dibangunnya Universitas Islam internasional akan muncul cendekiawan muslim baru di Indonesia. Tak hanya itu, mereka juga bisa membawa ilmu yang mereka dapat hingga ke kancah dunia.

"Karena orang Timur Tengah tidak lagi percaya. Di samping bahasa Inggris-nya bagus. Nah kapan orang Indonesia?" pungkas JK.

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • JK

  • Islam