Sukses

Muhammadiyah Prediksi Tak Ada Perbedaan Lebaran 2016

Kemungkinan besar akan sama karena diperkirakan 6 Juli itu, hilal sudah terlihat.

Liputan6.com, Jakarta - Muhammadiyah memprediksi penetapan 1 Syawal 1437 Hijriah antara ormas tersebut dengan pemerintah akan sama, sehingga tidak ada perbedaan hari Lebaran, yaitu 6 Juli 2016.

"Untuk Muhammadiyah yang menggunakan metode hisab, sejak setahun lalu tanggal 1 Syawal sudah dipastikan jatuh pada 6 Juli 2016. Sementara pemerintah yang menggunakan metode rukyat, kemungkinan besar akan sama karena diperkirakan 6 Juli itu hilal sudah terlihat," kata Wakil Ketua Pengurus Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumbar, Bachtiar, di Aula Dharma Andalas, Selasa, (28/6/2016).

Ke depan, Muhammadiyah mendorong agar ada persamaan persepsi dalam penetapan jadwal Ramadan dan Lebaran antara sesama umat muslim di seluruh dunia, agar tidak membingungkan umat.

"Usaha menuju hal itu telah dilakukan dalam Kongres Persatuan Kalender Hijriyah Internasional (International Hijri Taqwim Unity Congres) di Istambul, Turki. Pakar astronomi Islam dilibatkan dalam penyusunan kalender tersebut. Diharapkan umat Islam di dunia, terutama di Indonesia, menerima kalender ini, agar tidak ada lagi perbedaan yang membingungkan," kata dia seperti dikutip Antara.

Bachtiar berharap, tidak ada lagi pihak yang mempertahankan ego untuk membenarkan pandangan sendiri dan menolak keberadaan kalender Hijriyah internasional karena 60 negara Islam akan mengakuinya.

Ia mengatakan, kalender itu nanti akan berlaku 100 tahun ke depan untuk menjadi pedoman dalam penentuan hari-hari penting.


**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.