Sukses

Bukber Jokowi di Bogor, Anak Ini Salah Sebut Nama Menteri

Selain memberi semangat kepada para anak yang hadir, Jokowi juga membuat kuis berhadiah sepeda bagi anak-anak yang bisa menjawab pertanyaan.

Liputan6.com, Bogor - Presiden Joko Widodo atauJokowi menggelar buka puasa bersama dengan 1.000 anak yatim dan penyandang disabilitas di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Dalam acara itu, Jokowi mengajak seluruh anak untuk tetap semangat menjalani puasa.

"Tak terasa kita sudah berpuasa 23 hari. Minggu terakhir perkuat ibadah kita, itikaf kita, dan semoga kita termasuk umat yang diberi Allah untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar," ujar Jokowi, Selasa (28/6/2016).

Selain memberi semangat kepada para anak yang hadir, Jokowi juga membuat kuis berhadiah sepeda bagi anak-anak yang bisa menjawab pertanyaannya. 

Beberapa pertanyaan seperti menebak nama buah, urutan sila dalam Pancasila hingga nama-nama provinsi di Indonesia ditanyakan Jokowi kepada mereka.

Salah satu pertanyaan yang dilempar yaitu Jokowi meminta anak-anak untuk menyebut salah satu menterinya di Kabinet Kerja. "Jadi sebutkan satu nama menteri saya. Ayo siapa?" tanya Jokowi.

Rupanya, pertanyaan itu nampak sulit bagi anak-anak tersebut. Sebab, tidak ada yang sanggup menjawabnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun kemudian meminta anak-anak untuk menanyakan nama menteri kepada para pendampingnya. Seorang anak kemudian memberanikan diri menjawab.

"Ibu Tuan," jawab seorang anak dengan lantang.

Sontak, jawaban itu mengundang tawa. Yang anak itu maksud adalah Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

Jokowi pun meminta agar sang anak kembali menanyakan nama sang menteri dengan benar. Setelah mengucapkan dengan betul, anak itu kemudian mendapatkan sepeda.

Pada akhir kuis yang ia buat, Jokowi berpesan agar anak-anak belajar sungguh-sungguh dan dapat menyelesaikan ibadah puasa hingga akhir Ramadan. "Belajar yang rajin. Ini minggu terakhir, perkuat ibadah kita," Jokowi menandaskan.

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.