Sukses

Kondisi Jalan Pantura Jabar 95 Persen Siap Dilewati Pemudik

Arteri Pantura bagian Jawa Barat memiliki empat jalur kendaraan, masing-masing dua jalur arah Karawang Barat-Losari Brebes dan sebaliknya.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan kondisi fisik jalan arteri Pantai Utara Pulau Jawa atau Pantura bagian Jawa Barat (Jabar) dalam keadaan baik. Jalan ini siap dilewati pemudik di momen menjelang, saat, dan pasca-Lebaran.

"Secara umum ruas jalan nasional Pantura Jabar siap menyambut angkutan Lebaran 2016. Kondisi mantap 95 persen," kata Kepala Satuan Kerja (Kasatker) wilayah I Jawa Barat Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN IV) Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR T Yuliansyah di Subang, Jumat (24/6/2016).

Arteri Pantura bagian Jawa Barat memiliki empat jalur kendaraan, masing-masing dua jalur arah Karawang Barat-Losari Brebes dan sebaliknya dengan panjang ruas jalan sekitar 298 kilometer. Yuliansyah menjelaskan, di sepanjang jalan tersebut, ada beberapa titik yang menjadi fokus perhatian Kementerian PUPR saat ini.

"Daerah Ciasem, Subang, Karangsinom, Kandanghaur dan beberapa titik lainnya masih ada kondisi berlubang, tidak rata, retak dan bergelombang," jelas Yuliansyah.

Ia menegaskan, pihaknya berupaya melakukan penambalan di titik-titik jalan yang terdeteksi bermasalah saat ini. "Jalan berlubang akan ditambal oleh petugas setiap hari hingga H-7 (Lebaran)," ujar Yuliansyah.

Berdasarkan data yang diterima pihaknya, saat ini jumlah kendaraan yang melintasi arteri Pantura Jawa Barat setiap harinya rata-rata berjumlah 17.500 sampai 27.500 unit, setelah Tol Cikampek-Palimanan (Cipali) beroperasi.

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.