Sukses

Cara Jokowi Habiskan Libur Akhir Pekan yang Singkat

Dalam perjalanan kembali menuju Istana Cipanas, Presiden menyempatkan diri mengunjungi sebuah factory outlet di kawasan Cipanas.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden juga manusia biasa. Barangkali ungkapan tersebut tepat rasanya dialamatkan kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Minggu, adalah hari di mana biasanya keluarga berkumpul bersama dan berekreasi sebagai sarana melepas lelah dari jenuh akan pekerjaan yang mendera. Tapi, tidak demikian halnya dengan seorang presiden.

Minggu pagi, 26 Juni 2016, Presiden Jokowi masih menyempatkan diri untuk menjalankan agenda kepresidenan. Memang telah diagendakan sebelumnya bagi Jokowi untuk menghadiri puncak Peringatan Hari Anti-Narkotika Nasional (HANI) 2016. Namun demikian, ada yang sedikit berbeda hari ini.

"Selesai acara tersebut, bila biasanya presiden langsung menuju suatu tempat untuk blusukan, kali ini tidak. Presiden langsung bertolak ke Istana Cipanas di Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur dan singgah sejenak melaksanakan salat zuhur," ujar Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam keterangan tertulis kepada Liputan6.com, Minggu (26/6/2016).

Presiden Jokowi bersama Ibu Iriana Jokowi mengunjungi Kebun Raya Cibodas, Jawa Barat, Minggu (26/6). (Foto: Setpres)

Tak berapa lama, dengan masih mengenakan kaos putih lengan panjang yang sebelumnya dipakai pada saat peringatan HANI 2016, tampak Presiden dengan santai dan ditemani oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta putri dan putranya, Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep, keluar dari Istana dengan rombongan terbatas.

Ternyata, tujuan Jokowi dan keluarga adalah Kebun Raya Cibodas yang terkenal dengan suasana sejuk dan asri. Di sana, Presiden dan keluarga terlihat menikmati keindahan pepohonan dan kesejukan alam sambil menaiki kereta wisata. Sesekali mereka turun dari kereta untuk mengunjungi beberapa tempat yang dirasa sangat menarik perhatian.

Presiden Jokowi bersama keluarga mengunjungi Kebun Raya Cibodas, Minggu 26 Juni 2016  (Setpres)

Air Terjun Cibodas, koleksi tanaman kantung semar, koleksi tanaman lumut dan paku-pakuan adalah beberapa tempat yang sempat disinggahi oleh Presiden dan keluarga. Kebun Raya Cibodas sendiri terletak tepat berada di bawah kaki Gunung Gede Pangrango, dengan ketinggian sekitar 1.300 sampai 1.425 meter di atas permukaan laut.

Mampir Membeli Pakaian

Dalam perjalanan kembali menuju Istana Cipanas, presiden bersama keluarga menyempatkan diri mengunjungi sebuah factory outlet di kawasan Cipanas. Masyarakat di sana yang tidak menyangka akan melihat langsung sosok Jokowi dari dekat secara spontan dan antusias segera mengerumuni mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Presiden Jokowi belanja di sebuah factory outlet di Cipanas, Minggu 26 Juni 2016  (Setpres)

Jokowi pun dengan penuh senyum melayani permintaan warga yang ingin berfoto bersama sembari memilih pakaian yang hendak dibelinya. Jokowi, seperti masyarakat lainnya, memilih pakaiannya sendiri. Setelah kembali ke Istana Cipanas, Presiden langsung mengenakan t-shirt pilihannya yang berwarna abu-abu itu.

"Bukan hal yang aneh bila menemukan Jokowi berbelanja sendiri ke pusat perbelanjaan. Pada saat kunjungan kerjanya ke Banda Aceh awal bulan Juni lalu, Presiden juga membuat heboh warga yang berada di Suzuya Department Store, Jalan Teuku Umar, Banda Aceh, sekitar pukul 20.45 WIB," jelas Bey Machmudin.

Jokowi menyalami warga saat mengunjungi Kebon Raya Cibodas, Minggu 26 Juni 2016 (Setpres)

Saat itu Presiden yang sedang dalam perjalanannya tiba-tiba berbelok ke mal tersebut untuk 'blusukan' sekaligus membeli beberapa helai kaos dalam.

Jalan Kaki ke Pasar Cipanas

Sesampainya di Istana Cipanas dan melaksanakan salat ashar, Jokowi tidak langsung beristirahat. Presiden bersama dengan Kaesang berjalan kaki menuju Pasar Cipanas untuk sekadar membeli beberapa kebutuhan berbuka puasa.

Presiden Joko Widodo berbincang dengan pedagang buah di Pasar Cipanas, Jawa Barat, Minggu (26/6). (Foto: Setpres)

Warga yang antusias lagi-lagi mengerumuni Jokowi dan meminta foto bersama. Di sana, Jokowi membeli beberapa kilogram buah jeruk dan mangga untuk kemudian langsung dibayar sendiri. Presiden kemudian berjalan perlahan dan singgah di kios penjual udang kering ebi dan juga ayam goreng.

Presiden Jokowi membeli buah di Pasar Cipanas, Minggu 26 Juni 2016 (Setpres)

Kegiatan sore hari itu pun berakhir. Presiden bersama Kaesang kembali ke Istana Cipanas dengan berjalan kaki. Di tengah liburan yang hanya sesaat itu, Presiden ternyata masih mau menyempatkan diri bertemu rakyatnya dan berbelanja segala kebutuhan tanpa bantuan orang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini