Sukses

Pasar Ikan Murah Saat CFD Diserbu Warga Jakarta

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar pasar ikan murah di pelataran Sarinah, Jakarta Pusat.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar pasar ikan murah di pelataran Sarinah, Jakarta Pusat. Acara yang digelar saat Car Free Day (CFD) Jakarta tersebut langsung diserbu warga.

Pantauan Liputan6.com, Minggu (26/6/2016) di lokasi, jenis ikan seperti kembung, tongkol, layang dijual Rp 10 ribu per lima sampai enam ekor. Sedangkan ikan tuna dan bawal, dijual Rp 25 ribu.

"Jadi ini rangkaian acara kami, yang juga untuk memenuhi kebutuhan warga akan ikan selama bulan ramadan, yang meningkat. Kalau untuk harga, silakan buktikan saja, yang pasti kita lebih murah," ucap Dirjen Penguatan Daya Saing Produk KKP, Nilanto Perbowo di lokasi.

Dia pun menegaskan, pasar murah ini digelar untuk mengampanyekan masyarakat khususnya warga DKI untuk gemar makan ikan.

"Harga daging kan naik. Sedangkan kebutuhan hewani masyarakat, harus dipenuhi. Nah jadi dengan ikan, bisa menjadi solusinya. Lihat saja 1 kilogram daging kan sudah di atas Rp 100 ribu. Kalau dengan harga segitu, bisa mendapatkan 3 kilogram ikan," ungkap Nilanto.

Di lokasi yang sama, salah satu warga, Sasa (28) mengungkapkan bahwa harga ikan di pasar ini memang jauh lebih murah dari harga pasar.

"Lihat saja, saya lupa sudah borong berapa. Empat sampai lima plastik pokoknya. Ini memang murah sekali daripada di pasar. Ikan kembung saja bisa harganya Rp 35 ribu segini (satu kantong berisikan 6 ekor)," tutur Sasa.

Sama dengan Yanti (53), yang memborong ikan Tongkol. Dia mengaku membeli dua kantong plastik saja tidak cukup. "Kayaknya enggak cukup kalau beli dua, mau beli lagi, murah, dan kita jadi lebih hemat. Enggak perlu makan daging," tandas Yanti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.