Sukses

Cerita Tito soal Ibu Negara Iriana Luluhkan Hati Warga Papua

Dari dua kandidat pilpres saat itu, hanya pasangan Jokowi-JK yang menginjak Papua.

Liputan6.com, Jakarta - Komjen Tito Karnavian punya cerita unik di balik kampanye Joko Widodo di Papua. Saat itu dirinya menjabat sebagai Kapolda Papua.

Cerita tersebut adalah terkait kedatangan kedua Jokowi di Jayapura. Berbeda dengan kampanye pertamanya, di mana saat itu Jokowi membawa serta keluarganya ke provinsi di timur Indonesia tersebut.

"Saat Presiden datang, beliau datang dengan keluarga dan memperkenalkan keluarga beliau di lapangan luas dengan ribuan warga," tutur Tito di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (23/6/2016).

Dalam perkenalan itu Jokowi memperkenalkan Ibu Iriana. Jokowi menjelaskan bahwa nama istrinya tersebut diambil dari kata Irian.

"Oleh karena itu membuat masyarakat di sana jadi suka," kata Tito.

Saat masa kampanye Pilpres saat itu, kata Tito, memang dari pasangan Jokowi-JK yang rajin menyapa warga di bumi Cendrawasih.

"Calon yang lain satu pun tidak ada yang datang ke sana karena dianggap kecil, 3 juta warga. Padahal prinsip masyarakat Papua, siapa yang datang, dia yang dapat," kenang Tito.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.