Sukses

VIDEO: Rekaman Detik-detik Longsor Terjang Sangihe Sulut

Lima warga Kabupaten Sangihe diduga tertimbun tanah longsor.

Liputan6.com, Sangihe - Detik detik ketika bencana longsor dan banjir melanda Kecamatan Tahuna di Kabupaten Sangihe, Sulawesi Utara, terekam videografer amatir. Dalam video, warga berlarian menyelamatkan diri dari runtuhnya daerah perbukitan akibat longsor dan kejaran air banjir.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Rabu (22/6/2016), Kecamatan Tahuna adalah satu di antara delapan kecamatan terkena dampak bencana banjir dan longsor ini.

Akibat bencana yang terjadi pada pukul 05.00 WITA, Rabu dini hari (22/6/2016), menyebabkan ratusan rumah warga rusak. Lima warga diduga tertimbun tanah longsor. Seorang di antaranya ditemukan tewas.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan bencana ini akibat hujan, gelombang pasang, dan tanah labil di perbukitan.

Warga di beberapa kecamatan di Sangihe, memilih mengungsi ke tempat tempat yang lebih aman. Setidaknya ada 400 orang jiwa yang mengungsi ke tempat tempat ibadah dan pendopo Kantor Camat Tahuna Barat.

Hingga kini, otoritas di Sangihe masih mendata jumlah korban dan rumah yang rusak akibat bencana banjir dan longsor ini. Petugas juga sedang mencari tiga orang yang masih tertimbun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.