Sukses

VIDEO: 5 Korban Longsor di Purworejo Kembali Ditemukan

Diduga masih ada 14 korban lainnya yang masih tertimbun.

Liputan6.com, Purworejo - Menggunakan peralatan seadanya, Tim BPBD, TNI, dan relawan berupaya mencari korban di dua titik longsor di Desa Karang Rejo dan Desa Donoratih, Purworejo, Jawa Tengah.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Selasa (21/2016), dari dua titik tersebut, tim evakuasi menemukan 4 korban di Desa Karangrejo dan 1 korban di Desa Donoratih.

Tim evakuasi kesulitan akibat tanah telah mengeras, sementara pasokan air dan alat berat yang diperlukan tak bisa didapat.

Diduga masih ada 14 korban lainnya yang masih tertimbun. Menteri Sosial yang berkunjung ke lokasi longsor meminta warga yang tinggal di daerah rawan longsor mempertimbangkan kemungkingan relokasi.

Longsor juga menimbun tujuh rumah warga yang ada di Dusun Asri, Desa Tapelina, Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat. Timbunan lumpur setinggi 15 meter lebih menimpa beberapa rumah. Beruntung tak ada korban jiwa, karena warga sempat melarikan diri saat air bercampur lumpur mulai masuk ke dalam rumah.

Selain menimpa rumah warga, material longsor yang terjadi di tujuh titik lokasi berbeda di Mamuju Tengah juga menimpa jalan penghubung antar desa dan kecamatan hingga tak dapat dilalui.

Pemerintah kabupaten berjanji akan menurunkan alat berat untuk kembali membuka jalan.

Diperkirakan, proses pembersihan material longsoran dari jalan dan rumah warga, baru akan selesai 3 hari mendatang.

Warga pun masih berupaya mengambil barang berharga dari rumah mereka yang masih bisa digunakan. Kerugian akibat longsor ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.