Sukses

Budi Gunawan Jadi Kepala BIN?

Ketua Komisi III Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendengar kabar Budi Gunawan akan dipromosikan menjadi Kepala BIN. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - DPR kebut proses uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri. Ketika Kapolri baru dilantik, ada kemungkinan posisi Wakil Kapolri diganti. Lalu bagaimana nasib Komjen Budi Gunawan?

Ketua Komisi III Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendengar kabar Budi Gunawan (BG) akan dipromosikan menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Bahkan, ada dua nama yang disebut-sebut bakal menggantikan Budi Gunawan sebagai Wakapolri.

"Memang ada dua nama yang mencuat untuk menggantikan posisi BG yang juga rumornya akan dipromosikan menggantikan Bang Yos (Sutiyoso) pada saatnya untuk menjadi Kepala BIN. Tapi ini belum terkonfirmasi karena susah menghubungi Presiden," kata Bamsoet di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Selasa (21/6/2016).

"Karena yang paling tahu hanya Presiden dan Tuhan untuk urusan ini," ujar dia.

Dua nama itu adalah Inspektur Jenderal Lutfi Lubihanto dan Komjen Syafruddin.

Lutfi merupakan lulusan Akademi Kepolisian 1984. Dia menjabat sebagai Wakil Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri. Sementara, Syafruddin merupakan Kepala Lembaga Pendidikan Kepolisian lulusan Akpol 1985.

Sementara, anggota Komisi III DPR Junimart Girsang mengaku tidak pernah mendengar kabar Budi Gunawan akan menggantikan Sutiyoso menjadi Kepala BIN. "Wah enggak pernah dengar tuh, enggak tahu malah," kata Junimart.

Politikus PDIP itu berujar, saat ini Komisi III DPR tengah fokus terhadap fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri Komjen Pol Tito Karnavian. "Kita tidak memikirkan yang lain, hanya fokus fit and proper test Kapolri dulu," ujar ‎Junimart.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.