Sukses

Salam Perpisahan Badrodin Haiti Jelang Pensiun

Dia menegaskan bahwa internal Polri tidak pernah mempersoalkan pemilihan Tito sebagai calon tunggal Kapolri.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti berpamitan kepada para wartawan dan pejabat Polri dalam acara buka puasa bersama yang digelar di Mabes Polri, Jakarta, Senin malam.

Pasalnya, tak lama lagi masa jabatannya bakal berakhir. Sementara itu, calon penggantinya, Komisaris Jenderal (Pol) Tito Karnavian, sedang dalam proses untuk uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR RI.

"Saya mungkin sudah tidak bisa berkumpul lagi mengakhiri tugas saya. Terima kasih atas kerjasama selama ini dan mohon maaf apabila selama berinteraksi ada hal yang kurang berkenan," ucap Badrodin di kompleks Mabes Polri, Jakarta, Senin 20 Juni 2016.

Ia mengenang selama setahun lebih kepemimpinannya, banyak hal menyenangkan dan tidak dialaminya. Salah satunya, pernah terjadi kegaduhan akibat gesekan antar-lembaga penegak hukum.

Tetapi menurut dia, persoalan itu bisa ia tuntaskan. Begitupun permasalahan di internal Polri yang akhirnya bisa diselesaikan dengan baik.

"Kalau kita fokus dan bersungguh-sungguh, saya yakin ada jalan keluarnya. Solusi yang bisa kita selesaikan, sama-sama menerima," kata dia.

Di sisi lain, ia memprediksi kemungkinan serah terima jabatan akan digelar sebelum usia pensiunnya, yakni 58 tahun pada 24 Juli 2016. Itupun jika uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR RI cepat selesai.

"Pak presiden kan bisa cepat-cepat saja. Bisa saja setelah fit and proper test, sebelum lebaran, kami serah terima jabatan," sambung dia.

Sekali lagi ia menegaskan bahwa internal Polri tidak pernah mempersoalkan pemilihan Tito sebagai calon tunggal Kapolri. Bahkan, seluruh staf Mabes Polri mulai dari tingkat bawah hingga bintang tiga mendukung penuh pilihan presiden.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini