Sukses

Hasan Tiro Masuk Rumah Sakit

"Hal yang biasa orang yang sudah berusia lanjut kondisi kesehatannya menurun, tetapi setelah mendapat perawatan sudah membaik," kata Gubernur Aceh Irwandi Yusuf.

Liputan6.com, Banda Aceh: Teungku Hasan Muhammad di Tiro, mantan Deklarator Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dirawat intensif di Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin, Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam, karena kondisi kesehatannya yang menurun. "Semalam gula darahnya turun, tetapi setelah mendapat perawatan sudah mulai membaik," kata Gubernur Aceh Irwandi Yusuf saat dimintai konfirmasi di sela-sela peresmian rumah bantuan Kuwait di Aceh Besar, Sabtu (5/12).

Irwandi yang merupakan mantan perwakilan GAM di Aceh Monitoring Mission (AMM) itu mengatakan kondisi kesehatan Hasan Tiro memang sudah menurun karena faktor usia lanjut. "Hal yang biasa orang yang sudah berusia lanjut kondisi kesehatannya menurun, tetapi setelah mendapat perawatan sudah membaik," imbuh Irwandi, seperti dikutip ANTARA.

Lantaran usia lanjut dan kesehatan yang menurun, menurut Irwandi, wajar pula bila Hasan Tiro mendapat perawatan medis baik di kediaman sementaranya selama di Aceh maupun di rumah sakit. Adapun menurut mantan petinggi GAM, Darwis Jeunib, setelah menjenguk di rumah sakit, Hasan Tiro sempat mendapat bantuan alat pernapasan dan infus. Hasan Tiro hanya kelelahan setelah perjalanan pulang ke kampung halamannya saat Iduladha silam.

Hasan Tiro yang mengasingkan diri ke Swedia selama 30 tahun, kembali ke tanah kelahirannya di Aceh pada Oktober 2009 [baca: Hasan Tiro Pulang Lagi Ke Aceh]. Kepulangannya kali ini merupakan yang kedua kalinya setelah ia menjejakkan kaki ke kampung halaman pada 2008.

Selain Darwis Jeunib, Ketua DPR Aceh Hasbi Abdullah yang berasal dari Partai Aceh--partai politik lokal yang sebagian besar anggotanya adalah mantan GAM, juga sudah membesuk Hasan Tiro.(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini