Sukses

KRI Diponegoro, Kapal Perang Tercanggih

KRI Diponegoro adalah satu dari empat kapal perang tercanggih kelas sigma yang dimiliki Indonesia. Sebagai kapal patroli, KRI Diponegoro dilengkapi kemampuan antikapal permukaan, antikapal selam, dan antipesawat udara.

Liputan6.com, Jakarta: Setiap pagi sang saka merah putih dikibarkan di setiap kapal yang bersandar di pelabuhan komando lintas laut militer Tanjungpriok, Jakarta. Ini adalah rutinitas pagi para awak kapal sebelum berlayar. Termasuk di Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Diponegoro.

KRI Diponegoro bukan kapal biasa. Dengan panjang 90,71 meter, KRI Diponegoro adalah satu dari empat kapal perang tercanggih kelas sigma yang dimiliki Indonesia. Tugasnya sebagai kapal patroli dengan kemampuan antikapal permukaan, antikapal selam, dan antipesawat udara. Semua sistem termasuk sistem pertahanan dan tempur saling terhubung.
 
Kapal ini juga dilengkapi torpedo, peluru kendali dengan 2 tipe rudal di atas kapal, meriam dan persenjataan elektronik canggih lain dengan standar internasional. Radar dan sonar termutakhir juga dilengkapi kontrol tembak.

KRI Diponegoro kembali bersandar di Ibu Pertiwi. Sebelumnya, selama 8 bulan KRI Diponegoro bergabung bersama kapal perang angkatan laut negara lain sebagai bagian dari pasukan misi kemanusiaan PBB di Lebanon. Simak selengkapnya di video berita ini.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini