Sukses

BNPB: 8 Kabupaten di Jateng Diterjang Banjir dan Longsor

Longsor juga terjadi di Desa Gumelem Kulon Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara pada Sabtu sore.

Liputan6.com, Purwokerto - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyatakan empat orang masih dicari akibat bencana longsor dan banjir yang melanda Jawa Tengah bagian selatan. Tiga orang sudah ditemukan meninggal.

"Ada delapan kabupaten yang diterjang banjir dan longsor," kata Sutopo, Sabtu 18 Juni 2016.

Delapan daerah itu yakni Kabupaten Kebumen, Banjarnegara, Wonosobo, Purworejo, Banyumas, Karanganyar, Wonogiri dan Kota Solo. Banjir di Kebumen mencapai tinggi satu meter.

Pencarian korban longsor di Dukuh Semampir, Desa Sampang, Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen juga masih dilakukan. "Hujan menghambat pencarian korban longsor," kata dia.

Longsor juga terjadi di Desa Gumelem Kulon Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara pada Sabtu sore. Hujan deras sejak pukul 14.30 WIB menyebabkan beberapa wilayah di Desa Gumelem Kulon terjadi tanah lsongsor.

Longsoran menimpa jalan. Saat warga kerja bakti membersihkan longsoran tiba-tiba terjadi longsor susulan sehingga menimbun warga. 3 orang warga meninggal dunia tertimbun longsoran yaitu Sudarno (40), Ahmad Bahrudin (40), dan Wato (40). Longsor di tempat lain juga menimbun dua rumah dan satu gedung Paud Setia Abadi hingga roboh.

"Tim Reaksi Cepat BPBD Banjarnegara telah merapat ke TKP untuk melakukan penanganan darurat, membuka posko gabungan, mengerahkan relawan dan lainnya," ucap Sutopo.

Dia mengatakan, hujan deras juga telah menyebabkan Sungai Bogowonto di Kabupaten Purworejo meluap.  Akibat banjir 1 orang hanyut dan masih dalam pencarian.

BPBD Kabupaten Purworejo meninjau lokasi dan melakukan kaji cepat. BPBD Purworejo dan relawan SAR melakukan pencarian korban yang hanyut serta mengevakuasi korban banjir.

Banjir di Kabupaten Kebumen menyebabkan jalur rel kereta api terendam banjir pada Sabtu pukul 16.00 WIB. Rel kereta api antara Ijo-Gombong di sebelah timur terowongan  Ijo wilayah Desa Bumiagung Kecamatan Rowolele Kabupaten Kebumen terendam banjir setingi 20 cm. Kereta api mengalami keterlambatan. Pada pukul 17.20 WIB banjir sudah surut.

Banjir juga terjadi di Kabupaten Karanganyar dan Kota Solo sehingga menggenangi permukiman dan ruas jalan. Di Wonogori hujan deras disertai angin kencang menyebabkan pohon tumbang menimpa kabel listrik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.