Sukses

JK: Bantuan Pengungsi Tamil untuk Kemanusiaan

Bantuan ini sifatnya sementara mengingat tujuan mereka ada di Christmas Island Australia, bukan Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - 44 imigran Tamil asal Srilanka akhirnya diizinkan mendarat di Indonesia. Mereka menyandarkan kapal di Pantai Lhoknga, Aceh Besar Sabtu pagi, 18 Juni 2017 .

Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK menyatakan, Indonesia tetap akan memberikan bantuan kepada para pengungsi Tamil. Bantuan diberikan karena alasan kemanusiaan.

"Ya, kita mengedepankan unsur kemanusiaan. Jadi saya perintahkan dilayani dengan baik, diberi makanan, minuman, perbaikan kapal dan sebagainya," ujar JK saat konferensi pers di Istana Wakil Presiden, Jumat, 17 Juni 2016.

Bantuan ini sifatnya sementara mengingat tujuan mereka ada di Christmas Island Australia, bukan Indonesia. Sehingga bantuan yang diberikan sekadar pemenuhan logistik.

"Karena tujuannya bukan Indonesia dan mereka bukan untuk tinggal di Indonesia maka kita penuhi saja logistik, kesehatan, semuanya di Aceh itu," jelas JK.

Kondisi pengungsi Tamil, lanjut JK, berbeda dengan pengungsi Suriah yang menuju Eropa. Negara-negara Eropa terpaksa berpikir keras mengizinkan mereka masuk atau tidak karena negara mereka memang menjadi tujuan para imigran.

"Yang pasti tujuannya bukan Indonesia tidak ada gunanya juga ditampung karena memang bukan di sini tujuannya. Tapi kita beri layanan," pungkas JK.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.