Sukses

VIDEO: Server PPDB Online Diretas, Orangtua Siswa Risau

Orangtua siswa khawatir kendala teknis dua hari ini mempengaruhi kepastian diterima atau tidaknya anak-anak mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Pengumuman gangguan jaringan internet pada sistem pendaftaran peserta didik baru (PPDB) online terpasang di gerbang SMA Negeri 1 Jalan Budi Utomo, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Meski demikian, hal itu tidak menjawab kegelisahan para orangtua calon siswa untuk dapat mendaftarkan anak-anak mereka yang dilakukan secara online.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Kamis (16/6/2016), pemandangan serupa juga tampak di SMA Negeri 57 Kedoya, Jakarta Barat dan SMA 70 Bulungan, Jakarta Selatan.

Para orangtua calon siswa SMA meminta penjelasan langsung kepada panitia PPDB online. Mereka khawatir kendala teknis dua hari ini mempengaruhi kepastian diterima atau tidaknya anak-anak mereka.

"Ini kan program tiap tahun sudah berjalan, harusnya dari Diknas bisa menghitung dong jumlah kapasitas yang mau daftar dengan server. Masak kemarin begini, sekarang begini lagi," keluh Ira.

Jaringan internet yang tidak stabil menyebabkan panitia PPDB hanya dapat menerima verifikasi data. Mereka belum bisa memasukkan data secara online. Akibatnya, calon siswa baru belum dapat memastikan diterima tidaknya mereka di sekolah pilihan.

Dampak dari kendala teknis jaringan internet untuk proses input dan verifikasi data itu, pihak sekolah membenarkan proses pendaftaran SMA diperpanjang hingga akhir pekan ini, 18 Juni 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.