Sukses

Pesan Jokowi ke Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah

Jokowi juga meminta keduanya memastikan rakyat Sulteng tidak kesulitan mendapatkan pelayanan pendidikan, dan kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo telah melantik Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola dan Wakil Gubernurnya Sudarto di Istana Kepresidenan, Jakarta. Presiden yang dikerap disapa Jokowi itu meminta kepada Longki dan Sudarto fokus bekerja dalam tiga hal, yaitu‎ bebaskan rakyat dari kemiskinan, perkecil ketimpangan antardaerah, dan kesenjangan sosial‎.

‎‎"Pacu pertumbuhan ekonomi yang berkualitas sehingga bisa mengatasi pengangguran dan membuka lapangan kerja sebesar-besarnya. Pastikan semua rakyat di daerah yang saudara pimpin mendapat pelayanan publik yang cepat, berkualitas, dan terjangkau," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (16/6/2016).

Selain itu, Jokowi juga meminta keduanya memastikan rakyat Sulawesi Tengah tidak kesulitan mendapatkan pelayanan pendidikan, kesehatan, dan memperoleh air bersih.

Dua pemimpin daerah ini diminta untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, yang bisa menghubungkan ke seluruh pelosok daerah sampai ke desa-desa.

"Rakyat bisa memperoleh pelayanan listrik tanpa byar pet. Rakyat dapat menjangkau pelayanan transportasi massal yang aman dan nyaman, ini harus dipastikan," tegas Jokowi.

Jokowi mengingatkan, Sulteng harus mempersiapkan diri untuk menghadapi era kompetisi, era persaingan, dengan semangat kerja keras, produktivitas, dan inovasi. Selain itu, memangkas regulasi yang menghambat pertumbuhan ekonomi daerah.

"Lakukan reformasi birokrasi dan anggaran publik secara fundamental. Perbaiki sistem tata pemerintahan, serta tingkatkan inovasi pelayanan publik sehingga pemerintah selalu terasa kehadirannya di tengah-tengah rakyat," ujar Jokowi.

"Lakukan reformasi birokrasi dan anggaran publik secara fundamental. Perbaiki sistem tata pemerintahan, serta tingkatkan inovasi pelayanan publik sehingga pemerintah selalu terasa kehadirannya di tengah-tengah rakyat," ujar Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi