Sukses

Reaksi Kompolnas Soal Pencalonan Tito Karnavian Jadi Kapolri

Kompolnas sendiri tidak tahu soal seleksi calon Kapolri oleh Jokowi. Sebab, hal itu merupakan hak prerogatif Presiden.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi mengajukan Komjen Tito Karnavian menjadi calon tunggal Kapolri menggantikan Jenderal Polisi Badrodin Haiti yang segera memasuki masa pensiun. Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menilai, seluruh calon yang diajukannya ke Presiden Joko Widodo, termasuk Tito, berkompeten untuk memimpin Korps Bhayangkara.

"Semua calon yang diajukan berkompeten dan sudah melalui proses seleksi," kata Komisioner Kompolnas, Yotje Mende, ketika dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Rabu (15/6/2016).

Menurut dia, Kompolnas tidak tahu soal seleksi calon Kapolri oleh Jokowi. Sebab, hal itu merupakan hak prerogatif Presiden.

"Kemarin itu, kami hanya mengajukan ke Ketua Kompolnas. Lalu setelahnya, tidak tahu lagi," ujar mantan Kapolda Papua tersebut.

Ketua DPR Ade Komarudin menyatakan, Presiden Jokowi telah mengajukan nama Kepala BNPT Komjen Pol Tito Karnavian menjadi calon tunggal Kapolri menggantikan Jenderal Badrodin Haiti yang segera memasuki masa pensiun.

"Beliau (Mensesneg Pratikno) menyampaikan surat kepada Dewan, surat tersebut berisi Presiden meminta pencalonan Komjen Pol Tito Karnavian satu-satunya menjadi calon Kapolri menggantikan Jenderal Badrodin Haiti," ungkap pria yang karib disapa Akom ini saat meninjau Stasiun Gambir Jakarta, Rabu 15 Juni 2016.

DPR pun segera memproses pencalonan tersebut agar fit and proper test cepat digelar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini