Sukses

Ketua DPR: Jokowi Usulkan Tito Karnavian Calon Tunggal Kapolri

Presiden Jokowi telah meminta Komjen Pol Tito Karnavian menjadi calon tunggal Kapolri.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR Ade Komaruddin telah bertemu Menteri Sekretaris Negara Pratikno membicarakan soal calon Kapolri baru. Hasilnya, Presiden Jokowi telah meminta Komjen Pol Tito Karnavian menjadi calon tunggal Kapolri menggantikan Jenderal Badrodin Haiti yang segera memasuki masa pensiun.

"Beliau (Pratikno) menyampaikan surat kepada dewan, surat tersebut berisi Presiden meminta pencalonan Komjen Pol Tito Karnavian satu-satunya menjadi calon Kapolri menggantikan Jenderal Badrodin Haiti," ungkap pria yang karib disapa Akom ini saat meninjau Stasiun Gambir Jakarta, Rabu (15/6/2016).

Komjen Pol Tito Karnavian pernah menjadi Kapolda Metro Jaya dan saat ini menjadi kepala BNPT. "DPR akan segera memproses hal ini, insya Allah besok kita akan Rapim, dan menyampaikan pencalonan Komjen Tito," papar Akom.

Dia menjelaskan, pencalonan tunggal Tito sebagai Kapolri akan segera dibahas dalam rapat pimpinan (rapim) untuk selanjutnya diberikan kepada Badan Musyawarah (Bamus) DPR.

"Pimpinan akan Rapim, lalu Bamus, kemudian hasilnya disampaikan ke Rapat Paripurna kalau pencalonan Kapolri sudah ada. Setelah itu diproses di Komisi III DPR untuk fit and proper test," ujar Akom.

Politisi Partai Golkar ini mengaku sudah melakukan komunikasi dengan ketua komisi III DPR dan mereka akan menunggu keputusan di Bamus.

"Saya sudah komunikasi dengan Ketua Komisi III, mereka tunggu dulu karena akan diputuskan di Bamus, atau rapat fraksi pengganti Bamus. Mungkin bisa dilakukan pada 22 Juni," Akom menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini