Sukses

Bus Toilet VIP Dinas Kebersihan Siap Keliling Jakarta

Dinas kebersihan DKI Jakarta telah memiliki 11 bus toilet mobile yang dapat digunakan secara gratis.

Liputan6.com, Jakarta - Warga DKI Jakarta kini tak lagi bingung mencari toilet bersih saat ada pagelaran besar di Ibu Kota. Dinas kebersihan DKI Jakarta telah memiliki 11 bus toilet mobile yang dapat digunakan secara gratis.

"Sudah beroperasional dari awal januari, kita taruh di Monas, Gelora Bung Karno, serta event seperti peresmian RPTRA dan acara-acara gubernur. Enggak ada lagi masuk toilet dikenakan biaya," ujar Kepala Dinas Kebersihan DKI, Isnawa Adji saat dihubungi, Rabu (15/6/2016).

Saat ini, DKI memiliki 11 bus VIP dengan harga satu unitnya Rp 650 juta. Sedangkan target ke depannya Dinas Kebersihan akan kembali mendatangkan 20 bus toilet mobile.

"Tahun depan diadakan lagi 22 (bus) untuk sambut Asian Games. 20 unit VIP, 2 unit khusus disabilitas, harganya sekitar Rp 750-an juta," ucap dia.

Sedangkan untuk acara yang digelar pihak swasta, Dinas Kebersihan DKI Jakarta menyewakan dengan biaya Rp 400 ribu per hari.

"Sewa bus toilet VIP sesuai Perda No 1 tahun 2015 tentang retribusi dikenakan Rp 400 ribu per hari. Tapi tidak kita kenakan (biaya) untuk event seperti wisata balaikota, CFD, atau lomba-lomba sekolah sehat," ungkap Isnawa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini