Pendemo Bakar Foto Presiden dan Kapolri

  • Politik
  • 0
  • 01 Des 2009 16:44

Liputan6.com, Jakarta: Aksi unjuk rasa skandal Bank Century di depan Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jalan HR Rasuna Said, Jakarta, Selasa (1/12) petang diwarnai pembakaran foto Presiden SBY dan Kapolri Bambang Hendarso Danuri. Mereka menuntut agar semua pelaku yang terlibat dalam skandal Bank Century, diseret ke pengadilan.

Sekitar 200 pendemo yang mengaku dari mahasiswa antarkampus ini, sebelumnya melakukan aksi yang sama di Bundaran HI, Jalan Sudirman. Mereka tiba di depan Gedung KPK sekitar pukul 16:00. Kedatangan mereka dijaga ketat puluhan polisi, karena pendemo berupaya masuk ke dalam gedung.

Untuk menghindari bentrok, petugas kemudian mengijinkan pendemo beraksi hingga depan lobi KPK. Dalam orasi dan yel-yelnya, massa yang mengaku berasal dari puluhan kampus se-Jakarta ini, tidak hanya menuntut pelaku yang terlibat skandal Bank Century diseret ke pengadilan.

Pendemo juga mendesak KPK serius menyelidiki bank yang kini berganti nama menjadi Bank Mutiara. Sebab, dana talangan sekitar Rp 6,7 triliun agar bank ini tidak tutup, hingga kini tidak jelas ke mana alirannya. Bahkan nasabah bekas Bank Century hingga kini masih belum mendapatkan haknya. Hingga berita ini disusun, pendemo masih berorasi dan tak satupun komisioner KPK yang menemui mereka. (ETA)
Terpopuler