Sukses

Puluhan Bunga Bangkai Tumbuh di Pekarangan Warga

Puluhan bunga bangkai tumbuh di pekarangan warga Desa Kluthuk, Kecamatan Tambakboyo, Tuban, Jatim. Warga setempat menyebut bunga ini sebagai bunga tothok kerot. Namun, curah hujan yang rendah membuat bunga tersebut tumbuh kerdil.

Liputan6.com, Tuban: Puluhan bunga bangkai atau bunga Rafflesia arnoldi selama hampir dua pekan ini tumbuh di pekarangan warga Desa Kluthuk, Kecamatan Tambakboyo, Tuban, Jawa Timur. Warga setempat menyebut bunga ini sebagai bunga tothok kerot karena dalam pertumbuhan bunga ini biasanya menimbulkan bunyi yang mirip dengan pintu yang kurang pelumas.

Bagi warga setempat, tumbuhnya bunga ini menandakan datangnya musim penghujan. Kendati berukuran lebih kecil, banyaknya bunga bangkai yang tumbuh kali ini cukup mengejutkan. Sebab, biasanya bunga bangkai hanya tumbuh tidak lebih dari tiga buah.

Berdasarkan pantauan tim SCTV, Senin (30/11), bunga bangkai yang bermunculan di Desa Kluthuk ini umumnya tumbuh di rerimbunan pohon dan semak. Namun, karena curah hujan yang sedikit membuat bunga-bunga tersebut tumbuh kerdil. Biasanya dengan curah hujan yang cukup, bunga bangkai di desa ini bisa tumbuh dengan diameter 60 sentimeter dan tinggi mencapai 75 sentimeter. Selengkapnya simak di video berikut.(UPI/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini