by

Kerajinan Kulit Bawang Putih

306667
  • Cabe Rawit
  • 0
  • Senin, 30 November 2009 07:48
Liputan6.com, Semarang: Biasanya sampah bahan memasak kerap dibuang begitu saja. Namun di tangan Ardianto dan Indarto, limbah dapur mampu diubah menjadi karya seni yang memiliki nilai jual. Sampah dapur yang dapat diubah Ardianto serta Indarto adalah daun bawang putih.

Menurut Ardianto, kulit bawang bisa dibentuk bermacam-macam bentuk di antaranya naga dan burung. Kulit bawang putih juga bisa dikreasi menjadi sebuah klenteng mini. Untuk membuat sebuah bentuk kreasi bawang putih, selain kreatif diperlukan kesabaran yang ekstra.

Kulit bawang putih yang akan digunakan harus benar-benar kering sehingga diperlukan oven. "Kalau [kulit bawang] basah akan membusuk," kata Ardianto ketika ditemui di rumahnya, Semarang, Jawa Tengah. Ardianto menambahkan, kulit bawang tidak susah untuk dicari.

Kini, usaha yang dijalankan Ardianto dan Indarto telah mendatangkan rupiah. Namun untuk menjadi terkenal, bukan usaha yang sebentar. Kedua lelaki ini harus mempromosikan karya mereka di pameran-pameran. Mereka juga menggunakan media internet untuk publikasi.(JUM)

Ardianto: 0882.1514.2414
Jalan Anjasmoro Tengah, Karangayu
Semarang, Jawa Tengah
Comments
Sign in to post a comment