Sukses

Mina Masih Ramai, Mekah Dipenuhi Jemaah

Sebagian besar jemaah haji masih melontar jumrah terakhir di Mina, Arab Saudi. Sementara di Mekah, jemaah haji mulai memenuhi Masjidil Haram untuk melaksanakan tawaf ifada.

Liputan6.com, Mina: Sebagian besar jemaah haji masih melontar jumrah terakhir di Mina, Arab Saudi, Ahad (29/11). Hal itu terlihat dari masih berdirinya puluhan ribu tenda yang disediakan pemerintah Arab Saudi. Tenda antiapi yang dimaksudkan untuk mencegah kebakaran itu ditempati sebagian besar jemaah haji dari berbagai negara.

Namun, banyak pula yang tidak menggunakan tenda-tenda ini pada hari melempar jumrah. Dari pantauan udara yang dilakukan SCTV di Mina, mereka lebih memilih tinggal di tenda-tenda kecil yang dibawa sendiri.

Sementara itu, untuk jemaah haji yang hendak melempar jumrah, ada sejumlah jalan selebar 30 meter melalui empat terowongan dan dua jalan layang atau fly over. Setiap anggota jemaah saat ini bisa melempar jumrah dengan memilih salah satu dari lima lantai agar tidak berdesakan saat melempar. Dan untuk masuk ke Jamarot, ada 11 pintu masuk dan 12 pintu keluar.

Sehari setelah Iduladha, giliran Masjidil Haram di Mekah, biasanya yang mulai dipenuhi jemaah untuk melaksanakan tawaf ifadah. Di luar kompleks ini terlihat bukit-bukit yang sudah dipangkas dan merupakan bagian dari proyek perluasan Masjidil Haram yang menelan biaya Rp 125 triliun dan baru akan terwujud pada 2020.

Pengerukan bukit ini akan menghasilkan tanah datar seluas 23 hektare. Selain untuk halaman masjid juga akan dibangun apartemen, hotel berbintang lima, serta pusat perbelanjaan bagi jemaah haji. Selengkapnya simak pantauan udara SCTV dalam video berita ini.(ADO/ANS)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini