Sukses

Cara Polisi Tangkap Anggota TNI Pengedar Uang Palsu di Cawang

Perwira menengah TNI, Kolonel AL ditangkap jajaran Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri.

Liputan6.com, Jakarta - Perwira menengah TNI, Kolonel AL ditangkap jajaran Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri. Bersama dengan rekannya MR, Kolonel AL diduga memiliki puluhan juta uang kertas palsu.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Kombes Martinus Sitompul mengatakan, penyidik melakukan penyamaran saat menciduk keduanya di lapangan parkir Rumah Sakit Universitas Kristen Indonesia (UKI), Cawang, Jakarta Timur, pada Selasa 7 Juni 2016 kemarin.

"Kami lakukan transaksi. Penyidik mengungkap ini berdasarkan undercover buy. Jadi melakukan pembelian uang palsu dalam jumlah yang besar untuk mengungkap ini. Itu yang dilakukan penyidik," ungkap Martinus di kompleks Mabes Polri, Jakarta, Rabu (8/7/2016).

Awalnya, tutur Martinus, penyidik berkomunikasi dengan tersangka MR. Kemudian disepakati bertemu untuk transaksi pembelian uang palsu di RS UKI Cawang, Jakarta Timur. Ternyata uang palsu berjumlah Rp 300 juta itu tidak di tangan MR, melainkan ada di Kolonel AL yang menunggu di dalam mobil.

"MR ini menuju ke personel yang dari TNI, kemudian setelah itu uang itu ada pada Pak AL ini. Kemudian pak AL dan MR ini dibawa (polisi)," katanya.

Terkait asal uang palsu yang didapat Kolonel AL, Martinus masih belum mau mengungkapkan. Menurut dia, hal itu masih didalami penyidik untuk mengungkap siapa pemasok dan produsen uang palsu tersebut.

"Saya kira ini tidak kami buka dulu supaya bisa kita tahu sampai kemana dan dari mana, siapa jaringannya," Martinus menandaskan.

Kolonel AL ditangkap pada Selasa 7 Juni 2016 sekitar pukul 11.50 WIB, di parkiran Rumah Sakit UKI Cawang. Selain AL, dua warga sipil juga dicokok.

"Ditemukan barang bukti uang palsu sebanyak 3.000 lembar pecahan Rp 100.000 yang diakui milik saudara A yang juga ada di TKP," kata Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Brigjen Agung Setya saat dikonfirmasi, Selasa 7 Juni 2016.

Kolonel AL merupakan anggota TNI AD aktif yang bertugas di Kementerian Pertahanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini