Sukses

KPK: Nilai Pencucian Uang di Pemprov Banten Fantastis

KPK menduga ada intervensi saat penyusunan APBD Banten.

Liputan6.com, Serang - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan jumlah kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) di Banten masih tinggi. Hal tersebut terungkap dalam rapat antara KPK dengan sekretaris daerah seluruh Banten.

"Pencucian uang di Banten jumlahnya masih cukup fantastis," kata Direktorat Gratifikasi KPK, Asep Rahmat Suwandha, di kantor Bappeda Banten, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Kota Serang, Rabu (8/6/2016).

Dia menduga ada intervensi saat penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) setempat. Meski demikian, Pemprov Banten mendapatkan predikat Wajar dengan Pengecualian (WDP) dari BPK atas penggunaan APBD 2015.

Menurut dia, diperlukan komitmen yang kuat untuk memperbaiki sistem dan prosedur dalam pengelolaan pemerintahan. Ini agar penyusunan dan penggunaan anggaran menjadi lebih transparan dan terhindar dari korupsi.

"Kami berharap jika hasil pertemuan ini para Sekda untuk melakukan proses perencanaan tanpa intervensi," ujar Asep.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini