Sukses

Ahok Tegaskan Banjir Rob Bukan karena Reklamasi Teluk Jakarta

Ahok mengimbau masyarakat agar jangan mau dibohongi pihak yang menyebut reklamasi penyebab banjir Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok memastikan banjir rob yang melanda Muara Baru dan daerah lain di Jakarta bukan disebabkan proyek reklamasi di Teluk Jakarta.

"Aduh aku capek lah jelasinnya. Kalau air laut pasang karena reklamasi, trus air surut karena apa? Ada yang gali tanah di laut? Kalau kamu pakai teori itu berarti kayak kolam akuarium, berati kamu masukin tanah airnya naik. Gimana supaya air akuarium turun, tanahnya dikeruk," ujar Ahok di Balai Kota Jakarta, Rabu (8/6/2016).

Ahok mengimbau masyarakat agar jangan mau dibohongi pihak yang menyebut reklamasi penyebab banjir Jakarta. Sebab, masalah utama banjir Jakarta adalah adanya pemanasan global yang membuat muka air laut bertambah.

"Saya mau tegaskan masyarakat jangan bodoh, jangan mau dibodohi. Pasang surut karena gaya tarik bulan, gravitasi, air muka laut tambah banyak karena air dalam bentuk es berkurang, pemanasan global dan ditambah kita menyedot air tanah," ujar Ahok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.