Sukses

Banjir Terjang Kawasan Pelelangan Ikan Muara Baru

Musim rob masih menghantui warga di pesisir Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Banjir air laut atau rob menggenangi kawasan Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta di Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara. Ketinggian air beragam, mulai dari 30 sampai 50 cm. Dugaan sementara, air yang menggenang berasal dari rob atau banjir air laut.

Warga Muara Baru, Mamat (42) mengatakan, banjir juga menggenangi kawasan pelelangan ikan yang ada di kawasan itu sejak kemarin malam. Menurut Mamat, banjir kali ini berbeda lantaran tingginya genangan. Sebab biasanya genangan air maksimal sekitar 30 cm.

"Termasuk tinggi. Banjirnya udah dari kemarin. Di tempat pelelangan sampai selutut malahan. Ini saya motor paksain masuk motornya mati," kata Mamat di lokasi, Muara Baru, Jakarta Utara (6/6/2016) sore.

Warga Muara Baru lain, Jajang (52) menduga ada tanggul yang jebol atau terkikis. Sebab menurut Jajang, banjir kali ini lebih tinggi dan lama surut. Tapi dirinya tidak bisa memastikan di mana lokasi tanggul yang jebol.

"Sepertinya ada tanggul yang jebol, tapi kita sendiri belum tahu, tanggul yang mana airnya masih tinggi belum keliatan titik tanggul yang jebol. Kemarin-kemarin soalnya gak kaya gini," ujar Jajang

Salah satu ketua regu quick respons Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Utara, Hugeng mengatakan, pihaknya berupaya melakukan penyedotan selama dua jam lebih. Tapi belum berhasil mengurangi tingginya air.

"Kita sudah terjunkan dua mobil quick respons dan tujuh personil, sudah kita sedot selama 2 jam tapi gak bisa juga," tutur Hugeng.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.