Sukses

Pengamat: Nusron Wahid Harusnya Tiru Luhut Soal Jabatan di Golkar

Nusron mendapatkan jabatan strategis, yaitu Koordinator Bidang Pemenangan Pemilu Wilayah Indonesia I (Jawa dan Sumatera).

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago menilai sepatutnya Nusron Wahid tidak rangkap jabatan sebagai pejabat publik dan jabatan politik di Partai Golkar bersamaan.

Terlebih, tugasnya di Partai Golkar terbilang cukup berat, mengingat akan adanya beberapa momen politik besar seperti Pilkada serentak pada tahun 2017 dan 2018 mendatang. ‎
‎
"Pertama untuk jadi pengurus butuh konsentrasi tinggi dan energi tidak main-main, karena bagaimanapun Golkar waktunya hanya 3 tahun ini harus serius dipikirkan menang pileg dan pilpres, kalau Nusron harusnya bisa memilih," ujar Pangi di Jakarta, Minggu, (5/6/2016). ‎

Begitu juga dengan pekerjaan Nusron sebagai Ke‎pala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) yang menurut Pangi belum ada langkah terobosan besar saat memimpin lembaga yang melayani pahlawan penghasil devisa negara tersebut.

"BNP2TKI juga nggak gampang, apalagi banyak TKI yang mau dihukum mati. Jadi nggak bisa pikiran terbelah, pasti sulit. Apakah memang nggak ada lagi kader partai yang bisa mengurus Partai Golkar, artinya harus memilih buang jabatan publik atau pengurus partai," kata Pangi.

Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah ini membandingkan dengan sikap Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan yang menolak saat ditunjuk menjadi anggota Dewan Kehormatan DPP Partai Golkar.‎

"Pak Luhut contoh baik, dia memilih untuk tetap konsentrasi di pemerintah dan menolak saat ditawarkan untuk masuk dalan struktur," ucap dia.
‎
Ia pun berharap langkah Luhut diikuti Nusron. Menurut dia, penolakan rangkap jabatan politik dan jabatan publik merupakan sebuah tradisi politik yang baik.

"Budaya rangkap jabatan pasti menganggu kinerja, apalagi dengan tanggungjawab yang berat," tutur Pangi.

Pangi menilai harus ada evaluasi dari Presiden Joko Widodo terhadap Nusron  terkait rangkap jabatan yang ia lakukan. Terlebih, sejak awal, Jokowi telah menyaratkan agar jajarannya di pemerintahan sejak awal menjabat harus menanggalkan jabatannya di Partai bila sebelumnya menjadi pengurus Partai.

"Kalau ngga bekerja, gaya-gayaan atau numpang nama saja, lebih baik dihentikan, direshuffle," Pangi menandaskan. ‎

Susunan kepengurusan DPP Partai Golkar di bawah Setya Novanto telah diumumkan pada Senin 30 Mei 2016. Salah satu nama dari 247 pengurus yang dilantik yaitu Nusron Wahid yang saat ini menjabat sebagai Ke‎pala BNP2TKI. ‎
‎
Nusron mendapatkan jabatan strategis, yaitu Koordinator Bidan Pemenangan Pemilu Wilayah Indonesia I (Jawa dan Sumatera) dari DPP Partai Golkar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.