Sukses

VIDEO: Tradisi-tradisi Unik Jelang Ramadan

Masyarakat Indonesia terkenal kaya akan tradisi menyambut bulan suci Ramadan.

Liputan6.com, Ciamis - Berbondong-bondong, warga Desa Sindangsari, Ciamis, mendatangi hutan dekat kampung mereka. Dari rumah masing-masing, mereka membawa aneka makanan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, (5/6/2016), bertempat di bawah pohon rindang mereka pun berkumpul. Dipimpin seorang pemuka agama, mereka berdoa untuk kebaikan bagi semua, terutama keluarga, kerabat dan orangtua yang sudah wafat.

Usai berdoa, warga bersantap bersama. Semua makanan dibuka dan dibagikan, sehingga setiap orang bisa mencicipi makanan yang dibawa orang lain.

Tradisi yang disebut Nyadran itu digelar sebagian masyarakat Ciamis setiap jelang Ramadan. 

Sementara di Karawang, warga Desa Tegal Waru menyambut Ramadan dengan tradisi Rantangan. Tradisi ini sudah ada sejak puluhan tahun silam.

Mereka, terutama ibu-ibu, mengantar makanan dalam rantang ke rumah kerabat terdekat yang lebih tua. Biasanya menunya adalah nasi dengan lauk daging sapi.

Tak sekadar mengantar makanan, saat Rantangan ini mereka saling meminta maaf atas semua kesalahan dan mendoakan agar bisa menjalankan puasa Ramadan dengan baik.

Biasanya, makanan dalam Rantangan dimakan bersama. Tak jarang ketika tamu hendak pulang, kerabat tua sebagai tuan rumah mengisi rantang sang tamu dengan makanan lain yang sudah disiapkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.