Sukses

Ambisi Korea Utara Miliki Senjata Nuklir

Usaha Korea Utara mengembangkan teknologi senjata nuklir sudah dimulai puluhan tahun yang lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Senjata nuklir termasuk alat pemusnah dengan kekuatan ledak yang luar biasa dahsyatnya. Dikatakan sebuah ledakan bom nuklir dapat meluluhlantakkan sebuah kota. Di dunia, terdapat beberapa negara yang memiliki senjata nuklir, namun hanya Amerika Serikat saja yang pernah menggunakannya dalam peperangan, di masa yang lalu.

Sejak diadakannya perjanjian Non-proliferasi Nuklir (NPT) pada 1968, senjata nuklir 'diamankan' untuk tidak digunakan, pun bagi negara yang diberi kekuasaan memilikinya, tidak diperbolehkan untuk mentransfer teknologi senjata nuklir ataupun hulu ledak ke negara lainnya.

Korea Utara, yang hari ini sedang sibuk-sibuknya melakukan berbagi uji coba peluncuran rudal hingga tes nuklir, sempat bergabung dalam NPT di awal. Namun keluar demi ambisinya mengembangkan senjata nuklir di negara tertutup itu. Selengkapnya, perjalanan Korea Utara mengembangkan senjata nuklir dalam infografis di bawah ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.