Sukses

Warga Bandung Antusias Sambut Jokowi Hadiri Hari Lahir Pancasila

Warga sudah berkumpul di tepi Jalan Asia Afrika yang telah ditutup untuk peringati Hari Lahir Pancasila.

Liputan6.com, Bandung - Masyarakat Bandung menyambut peringatan Hari Lahir Pancasila dengan antusias. Acara yang di gelar di Gedung Merdeka dan sepanjang Jalan Asia Afrika Bandung itu dipadati ribuan warga.

Warga Bandung mulai berbondong-bondong menuju Jalan Asia Afrika untuk menyambut kedatangan Presiden Jokowi dan sejumlah pejabat negara. Mereka juga ingin menyaksikan kemeriahan atraksi drum band dan pawai budaya oleh pemuda-pemuda Kota Kembang itu.

Pantauan Liputan6.com di lokasi, warga sudah berkumpul di tepi Jalan Asia Afrika yang telah ditutup untuk menyambut acara ini. Beberapa peserta pawai dengan segala pernak-pernik pun mulai beraksi. Mereka berjalan dari arah perempatan Jalan Tamblong hingga Alun-alun Kota Bandung.

Pada barisan pertama, diisi atraksi grup drum band Pemkot Bandung, disusul pasukan pengibar bendera (Paskibraka), dan Pramuka. Selanjutnya ada sejumlah warga yang bergaya seperti Bung Karno dan Hatta dengan mengenakan mobil kuno.

Di belakangnya disusul Komunitas Sepeda Baheula dengan nuansa tempo dulu. Para peserta mengenakan beragam kostum, mulai dari pejuang zaman dulu hingga bergaya ala noni-noni Belanda. Kemeriahan pawai diakhiri oleh penampilan sejumlah perempuan Bandung yang berlenggak-longgok dengan busana tradisional yang telah dimodifikasi.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pidato Presiden Jokowi di dalam Gedung Merdeka. Dalam rangkaian acara ini, Jokowi bersama sejumlah pejabat negara rencananya akan napak tilas ke Penjara Banceuy, tempat pesakitan Bung Karno dulu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.