Sukses

Ada Peringatan Pidato Bung Karno di Bandung, Cek Lalu Lintas

Acara Peringatan Pidato Bung Karno juga dimeriahkan sejumlah atraksi dan pawai budaya di sepanjang Jalan Asia Afrika.

Liputan6.com, Bandung - Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) menyelenggarakan Peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945. Acara yang dihadiri Presiden Joko Widodo dan sejumlah pejabat negara ini digelar di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat hari ini pukul 10.00 WIB.

Acara juga dimeriahkan sejumlah atraksi dan pawai budaya di sepanjang Jalan Asia Afrika. Menurut polisi lalu lintas yang berjaga di kawasan tersebut, hari ini, Rabu (1/6/2016) arus lalu lintas di sekitar Gedung Merdeka dialihkan akibat penutupan Jalan Asia-Afrika, Bandung. Rencananya, penutupan jalan ini dilakukan mulai pukul 08.00 - 13.00 WIB.

Arus lalu lintas dialihkan ke Jalan Lengkong Besar. Selanjutnya masuk Jalan Dalem Kaum satu arah ke Barat menuju Alun-alun Timur dan kembali masuk ke Jalan Asia Afrika.

Kemudian Jalan Naripan dari arah Jalan Tamblong menuju Jalan Braga menjadi satu arah. Artinya jalan hanya boleh dilalui dari arah ABC menuju Naripan.

Pawai peringatan Pidato Bung Karno di Jalan Asia-Afrika, Bandung, Jawa Barat (Liputan6.com/ Nafiysul Qodar)

Pantauan Liputan6.com, saat ini, banyak warga Bandung telah berada di sepanjang Jalan Asia Afrika dan di sekitar Gedung Merdeka. Mereka berbondong-bondong ingin menyaksikan kedatangan Presiden Jokowi dan kemeriahan ‎pawai dalam rangka memperingati Pidato Bung Karno.

Presiden ketiga RI BJ Habibie dan Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri juga dikabarkan bakal hadir dalam peringatan Hari Kelahiran Pancasila tersebut. Sedangkan Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) absen karena sedang berada di luar negeri.

"Pak SBY‎ kebetulan sedang di luar negeri, di Shanghai. Saya sudah kontak, beliau tidak bisa hadir," ujar Wakil Ketua MPR EE Mangindaan di Bandung, Jawa Barat, Rabu.

Mangindaan memastikan, peringatan Pidato Bung Karno ini akan dihadiri Jokowi dan Megawati. Sementara Habibie dikabarkan akan hadir, namun belum bisa dipastikan karena kondisi kesehatan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.