Sukses

Jokowi Hadiri Peringatan Hari Lahir Pancasila di Bandung

Presiden Jokowi direncanakan mengunjungi situs Penjara Bung Karno di Jalan Banceuy Kota Bandung.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi akan menghadiri peringatan Hari Lahirnya Pancasila di Bandung, Jawa Barat pada hari ini. Kota ini menjadi salah satu pusat peringatan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni pada tahun ini.

"10.00 WIB, di Gedung Merdeka, Bandung, menghadiri peringatan pidato Bung Karno 1 Juni 1945," demikian jadwal yang diterima dari Biro Pers Kepresidenan, Rabu (1/6/2016).

Kota Bandung menggelar acara Bulan Bung Karno selama satu bulan penuh yaitu Juni 2016. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, acara tersebut digelar untuk memperingati sosok pendiri bangsa Indonesia Sukarno yang patut diteladani.

Ridwan Kamil berharap agar warganya tak melupakan jejak sejarah, Sukarno. Apalagi mengingat keterikatan Bung Karno dengan Kota Bandung -- tempat dia menempuh pendidikannya dan mengecap kisah asmara.  

Pria yang kerap disapa Kang Emil ini mengatakan, dalam rangkaian acara Hari Pancasila akan diadakan beberapa kegiatan. Dia mengusulkan agar Presiden Jokowi mengunjungi situs Penjara Bung Karno di Jalan Banceuy Kota Bandung.

"Rangkaian acaranya akan ada parade tentang Pancasila dan Bung Karno, setelah itu akan ada pidato dari Presiden di Gedung Merdeka, terus kami mengusulkan setelah itu napak tilas ke Situs Banceuy Bung Karno, setelah itu baru pulang," kata Ridwan Kamil di Bandung, Selasa 24 Mei 2016.

Sementara untuk warga Bandung, kata pria yang akrab disapa Kang Emil ini, akan digelar beberapa parade dan lomba. Jalan Asia Afrika akan mulai ditutup sejak pagi sampai siang hari.

"Untuk orang Bandung, kita akan ada perlombaan berpuisi tentang Pancasila dan Bung Karno, kemudian perlombaan sketsa wajah Bung Karno, perlombaan laki-laki pakai peci. Tanggal 1 nanti, Jalan Asia Afrika akan ditutup dari pagi sampai siang," Emil menjelaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.