Sukses

Aksi Damai Terima Kasih Tembakau, Bukan Mengajak Publik Merokok

Jacky menjelaskan, aksi damai tersebut tidak hanya dilakukan di Pancoran, tetapi juga di sejumlah titik di Jakarta dan Bandung.

Liputan6.com, Jakarta - Menyambut Hari Tanpa Tembakau Sedunia, yang diperingati setiap 31 Mei, sejumlah aktivis dari Komunitas Kretek (Komtek) menggelar aksi damai, dengan mengkampanyekan #terimakasihtembakau.

Koordinator aksi Jacky mengatakan, kampanye tersebut bukan bertujuan mengajak masyarakat merokok. Tetapi, lebih melihat sisi lain dari produk-produk tembakau.

"Kita bukan mengajak masyarakat untuk merokok, tapi melihat sisi lain dan bersikap netral saja. Bukan menyalahkan tembakau atau pun rokok," kata Jacky di Pancoran, Jakarta, Selasa (31/5/2016).

Jacky menjelaskan, aksi damai tersebut tidak hanya dilakukan di Pancoran, tetapi juga di sejumlah titik di Jakarta dan Bandung.

"Di Jakarta, selain di sini ada beberapa titik. Di Tugu Tani, kemudian bundaran Patung Kuda Indosat, ada juga di Kota Tua dan di Taman SCBD. Di Bandung pun juga ada," papar dia.

Komunitas yang berdiri sejak 2010 itu mengerahkan kurang lebih 124 aktivis, untuk mengkampanyekan hastag terima kasih tembakau.

"Hari ini, kurang lebih turun 124 orang untuk melakukan aksi #terimakasihtembakau," tutur dia.

Jacky berharap, dengan kampanye ini masyarakat khususnya di Indonesia, tidak menyudutkan kepada tembakau ataupun rokok.

"Seperti yang apa saya sampaikan tadi, kami berharap masyarakat netral dan tidak menyudutkan tembakau, khususnya bagi masalah kesehatan," pungkas Jacky.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.